Sekitar Beton

Mempercepat Beton Agar Lebih Cepat Keras

Mempercepat Beton Agar Lebih Cepat Keras

Percepatan dalam Pengerasan Beton

Pada journal ini kami mencoba mengulas mengenai beton cepat keras, manfaat dan juga macam-macam produk yang bisa memaksimalkan fungsi yang satu ini dimana semuanya bisa dipilih berdasarkan kualitas dan pemenuhan standar untuk perbaikan beton yang sempurna.

Peran Beton Cepat Keras Dalam Dunia Konstruksi Yang Lebih Efisien

Dalam suatu pekerjaan konstruksi, ada kalanya pihak kontraktor ingin menghemat pengeluaran. Salah satunya dilakukan dengan pemilihan beton cepat keras. Cara ini bisa dilakukan dengan mengurangi downtime struktur operasi. Dan hal inilah tersebut telah menciptakan ide-ide untuk pengembangan produk perbaikan beton, hingga bisa membuat beton lebih cepat keras.

Baca juga info lainnya:

Dengan perkeransan beton lebih cepat, maka diperoleh banyak keuntungan, seperti : waktu konstruksi lebih hemat, dan pemakaian tenaga kerja lebih efisien. Produk-produk pengeras beton pun sukses menjadi jalan keluar para pemilik proyek konstruksi. Pemilihannya sangat beragam dengan berbagai karakternya yang mempengaruhi proses pengerasan pada beton.

Karakter Bahan Pengeras Beton Dalam Konstruksi

Bahan perbaikan beton harus memiliki sifat fisik yang tidak merusak kualitas beton. Beberapa karakter penting yang bisa dipertimbangkan ialah :

  • kompresi dan kekuatan lentur
  • kekuatan adhesi
  • penyusutan dengan pengeringan
  • modulus elastisita
  • permeabilitas
  • dan ketahanan terhadap pembekuan dan pencairan

Karena hal itulah, penambahan bahan perbaikan beton perlu pertimbangan khusus. Jika proses pengeringan atau perkerasan ini tidak sempurna maka akan bisa mengakibatkan banyak kegagalan dalam perbaikan, seperti :

  • retak
  • delaminasi
  • dan kehilangan daya dukung
Mengenal Produk-Produk Pengeras Beton

Di pasaran banyak produk-produk pengeras beton. Bahan tambah ini bisa membuat beton cepat keras guna mendapatkan kondisi konstruksi yang diinginkan. Beberapa produk yang bisa dimanfatkan untuk tujuan ini ialah :

  • Bestmittel
    Bahan tambah kimia untuk mempercepat pengerasan beton ini berbahan dasar Lignin Sulfonic Acid. Inilah salah satu produk yang banyak dipakai oleh konstruksi-konstruki karena sudah sesuai dengan ASTM-C 494-81 atau Standart Specification for Chemical Admixture for Concrete.  Jadi bisa menjadi alternatif terbaik untuk perkerasan beton lebih cepat.

    Bestmittel termasuk bahan tambah tipe E yang memiliki fungsi ganda sebagai water reducing serta accelerating admixture. Artinya, bahan ini dipakai untuk mengurangi jumah air sekaligus juga untuk mempercepat pengikatan pada beton.

    Pemakain bahan tambah ini bisa membuat beton mengeras dalam usia muda, yaitu 7 hingga 10 hari. Selain itu bisa pula meningkatkan mutu beton 5% hingga 10%. Berbagai kelebihannya ini, membuat produk tersebut banyak diaplikasikan pada konstruksi.

  • Calbond
    Salah satu produk pengeras beton ini juga jadi andalan banyak kontraktor. Bahan perekat beton ini berbahan dasar plastik. Keunikannya ialah pada kemampuan Calbond untuk menyambungkan beton lama dengan beton baru. Karena fungsinya ini, maka Calbond biasa dipakai dalam perbaikan beton konstruksi.

    Perbaikan tembok retak hingga pemasangan batu bata bisa dilakukan dengan bahan tambah yang satu ini. Dalam pemakaiannya, Calbond harus dicampur ke dalam semen dan air untuk memperoleh kekentalan yang diharapkan. Setelah itu baru bisa diaplikasikan ke permukaan cor.

  • Calflash
    Bahan tambah beton Calflash memiliki banyak kegunaan sebagai bahan campuran semen untuk berbagai perbaikan kerusakan beton. Fungi utamanya ialah menangani jika terjadi kebocoran pada konstruksi bawah air, contohnya :
    – Tempat penampungan air
    – Bendungan
    – Pondasi mesin

Pengerjaan dengan bahan ini bisa mempercepat proses perbaikan yang akan sulit jika dilakukan dengan semen biasa. Yang perlu diperhatikan pada tahap perbaikan beton ini ialah pada saat sudah tercampur dengan semen harus segera diaplikasikan. Hal ini karena campuran semen akan cepat kering. Bahkan hanya butuh waktu kurang dari 15 detik,  campuran ini bisa cepat kering.

Ada banyak produk tambah untuk membat beton cepat keras. Guna memenuhi tuntutan konstruksi, maka bahan kimia ini pun menjadi solusinya. Dalam pemilihannya perlu  memperhatikan standart khusus. Dengan demikian, maka perbaikan konstruksi beton pun akan tetap sempurna hasilnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *