Sekitar Beton

Mengetahui Wiremesh Jenis Rol dan Lembaran

Mengetahui Wiremesh Jenis Rol dan Lembaran

Wiremesh

Kali ini tim alitmix mencoba mengurai besi wiremesh sebagai salah satu bahan bangunan yang diperuntukkan untuk konstruksi dengan berbaai jenis mulai dari lembaran hingga roll dan ukuran baja bervariasi.

Wiremesh sendiri merupakan bagian dari jenis besi dalam konstruksi yang hampir tidak dapat dipisahkan dalam kebutuhan pembanguna, utamanya dalam beberapa proyek yang membutuhkan penulangan besi

Penjabaran ini masih ada kaitannya dengan produk yang kami jual disini yaitu yang berhubungan dengan beton cor, kiranya bagi anda yang belum mengetahui jenis wiremesh lembaran maupun rol berikut ini kami ulas secara lengkap.

Mengenal Wiremesh Jenis Rol Dan Lembaran

Wiremesh atau kawat las  terdiri dari rangkaian kawat longitudinal paralel dengan jarak yang akurat. Proses kerja dengan mesin menghasilkan mesh dengan kontrol dimensi yang tepat. Salah satu material konstruksi ini jadi solusi untuk menghemat waktu kerja, tenaga dan uang.

Wiremesh las adalah layar kawat logam yang terbuat dari kawat baja karbon rendah atau kawat baja stainless. Produk ini telah tersedia dalam berbagai ukuran dan jenis. Penggunaannya disesuaikan dengan kebutuhan konstruksi di lapangan. Selain untuk konstruksi, wiremesh juga dipakai untuk industri-industri lain, seperti :  pertanian, transportasi, hortikultura, pertambangan, dan perkebunan.

Manfaat Wiremesh Untuk Konstruksi

Pada bidang konstruksi, wiremesh memberikan kontribusi yang besar. Material ini digunakan untuk beton bertulang, terutama untuk lembaran. Dengan demikian, beton struktural akan menjadi kuat dan kokoh. Keberadaannya bisa meningkatkan kuat beton dengan kawat atau baja yang terpasang.

Wiremesh umumnya dibuat dari jaringan baja tulangan atau disebut juga dengan prefabrication. Pada titik pertemuan kawatnya akan disatukan dengan las listrik. Dengan cara ini, maka akan didapatkan kuat geser pada tiap sambungan silangannya.

Baca juga info lain: Harga Jayamix

Salah satu aplikaisnya ialah untuk membuat pelat yang ringan, kuat dan tipis. Peruntukannya ini akan memperbesar kuat lentur pelat degan kuat tarik yang tinggi. Bentuknya yang berupa jala akan memudahkan pemasangannya.

Untuk konstruksi, kawat baja umum yang dipakai ialah yang memiliki mutu U-50. Meskipun demikian, jenis-jenis wiremesh juga beragam dengan jenis baja yang bervariasi. Ada yang berbentuk rol dan juga lembaran. Semunaya berkontribusi pada konstruksi yang aman dan lebih mudah pengerjaannya.

Jenis dan Ukuran Wiremesh

Ada dua jenis wiremesh yang ada di pasaran saat ini, yaitu bnetuk lembaran dan roll. Masing-masing memiliki kelebihan tersendiri dan dipakai untuk konstruksi yang berbeda. Karenanya, dalam perencanaan sebuah konstruksi, wajib memperhatikan dan teliti dalam menentukan jenis wiremesh. Berikut ini perbedaan serta kesamaan kedua jenis wiremesh tersebut :

  • Kekuatan
    Dari sisi kuat tidaknya wiremesh, tergantung pada mutu besi yang dipakai. Baik lembaran maupun roll, wiremesh akan mampu memberikan kekuatan yang sama asal memilih besi baja yang kuat dan bermutu untuk rangakaian mesh ini.
  • Pemasangan
    Untuk pemasangan wiremesh lembaran, butuh waktu pemasangan lebih lama dibandingkan roll. Hal ini karena bentuk lembaran butuh perakitan yang lebih rumit.
  • Penggunaan
    Bentuk wiremsh lembaran atau konvensional dipakai untuk balok, kolom, dan juga pondasi. Berbeda dengan roll. Jenis wiremesh roll banyak digunakan untuk bagian struktur bangunan yang melebar, seperti plat lantai.
  • Harga wiremesh
    Harga wiremesh konvensional lembaran harganya lebih mahal, dan akan dihitung dengan sistem kilogram atau batangan. Sedangkan wiremesh roll lebih murah dengan hitungan permeter.
  • Pengangkutan
    Wiremesh konvensional akan butuh pengangkutan yang lebih rumit dengan kendaraan panjang. Sedangan wiremesh roll lebih mudah diangkut karena dikemas dalam bentuk yang lebih praktis, yaitu gulungan atau roll.

Itulah persamaan dan perbedaan jenis-jenis wiremesh. Masing-masing memiliki penggunaan yang berbeda pada konstruksi. Selain memperhatikan jenis keduanya, sebelum memilih wiremesh, perhatikan pula ukurannya.

Baca juga info lain: harga sewa pompa beton

Baik wiremesh lembaran maupun roll, memiliki variasi ukuran yang beragam, yaitu :

  • Ukuran 2.1 x 54 meter dengan spasi 15×15
  • Variasi ukuran diameter masing-masing besi perakit wiremesh¬† dalam diameter : 4mm, 4,7mm, 4,5mm, 5,7mm, 6,7mm, hingga 11,5mm yang disesuaikan dengan kebutuhan di konstruksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *