Pengertian Mortar

Mortar adalah campuran beberapa material yang terdiri dari pasir, semen dan batu kapur atau limestone. Material yang dicampur ini bila dibaur dengan air akan lebih kental dan pekat dibanding dengan beton.

Penggunaan mortar sering diaplikasikan untuk kepentingan perekat pada material bangunan seperti batu bata agar rekat dan menyatu

Pengertian Mortar

Jenis Mortar dan peruntukannya

Jenis dan peruntukannya yang disesuaikan dengan karakteristik semen tersebut karena masing-masing konstruksi butuh perlakuan berbeda, salah satunya berdasarkan lingkungan dimana konstruksi berada

Penawaran dari kami harga beton Jayamix

Mengenal Mortar, Jenis dan Peruntukan Mortar (Semen)

Semen atau disebut dengan istilah mortar, merupakan perekat hidraulis bahan bangunan. Semen akan jadi perekat saat bercampur dengan air. Inilah salah satu bahan bangunan yang wajib ada untuk setiap proyek konstruksi.

Bahan perekat antara agregat ini membuat konstruksi bisa berdiri kokoh dan memiliki ketahanan yang lama. Bahan dasar mortar pada umumnya ada 3 macam, yaitu :

  • Terak semen atau clinker, merupakan bahan olahan dari pembakaran batu kapur, pasir silica, tanah liat, dan pasir besi.
  • Bahan gypsum, untuk memperlambat proses pengerasan
  • Batu kapur, pozzolan, dan abu terbang sebagai elemen tambahan pada semen.

Komposisi masing-masing di atas bisa menentukan jenis mortar dan peruntukannya. Karena campuran bahan tersebut akan menghasilkan karakter perekat yang berbeda.

Baca juga info harga Beton Cor

Jenis-Jenis Mortal dan Peruntukannya

Mortar atau semen memiliki kegaraman jenis bila dilihat dari kegunaan dan aplikasintya. Beberapa tipe semen yang umum ditemui di pasaran adalah :

  • Portland Cement Type I atau Ordinary Portland Cement

    Jenis semen ini adalah yang paling banyak dipakai oleh masyarakat. Untuk bisa memakainya tidak butuh persyaratan khusus dan bisa diterapkan untuk pembuatan konstruksi rumah, renovasi, pembuatan dinding, dan manfaat lainnya.

    Jika datang ke toko bangunan dan menyebut “semen”, maka otomatis, semen yang akan didapat adalah semen Portland tipe I. Untuk konstruksi jalan hinga ajembatan pun juga memakai jenis semen yang satu ini.

  • Portland Cement Type II atau Moderate Sulfat Resistance

    Semen ini adalah semen panas hidrasi sedang atau berada di bawah semen Portland Tipe I. karakteristiknya ialah memiliki ketahanan yang baik terhadap sulfat. Peruntukannya cocak bagi kawasan yang bersuhu tinggi.

    Saran pemakaian semen Potland Type II ini ialah untuk : bendungan, dermaga, landasan berat dengan kolom-kolom. Pada konstruksi tersebut memiliki hidrasi rendah hingga menjadi pertimbangan utamanya.

  • Portland Cement Type III atau High Early Strength Portland Cement

    Untuk perbaikan bangunan beton dalam waktu singkat, maka semen Portand Type III adalah yang direkomendasikan. Aplikasi lainnya yang cocok untuk semen ini ialah untuk konstruksi di daerah temperatur rendah atau berhawa dingin.

    Jenis konstruksi yang sering menerapkan semen Portand Type III adalah : jalan betn, lapangan udara, bangunan tinggi, bangunan dalam air.

  • Portland cement Type IV atau Low Heat of Hydration

    Semen Potland Tipe IV ini adalah tipe semen dengan panas hidrasi yang rendah. Karena hal itulah, aplikasi semen ini dipakai untuk konstruksi dengan jumlah dan kenaikan panas yang harus diminimalkan. Peruntukannya ialah untuk konstruksi di wilayah bersuhu panas.

  • Portland Cement Type V atau Sulfat Resistance Cement

    Seperti namanya, semen Portland Tipe V ini dipakai bagi konstruksi yang butuh ketahanan tinggi terhadap sulfat. Contohnya ialah di wilayah yang tanah dan airnya mengandung garam sulfat tinggi.

    Jenis konstruksi yang cocok ialah :  instalasi pengolahan limbah-limbah pabrik, konstruksi jembatan, terowongan, pelabuhan, konstruksi bawah air, termasuk konstruksi pembangkit tenaga nuklir.

Baca juga penawaran dari kami harga beton instan Jayamix

Itulah jenis-jenis mortar berdasarkan peruntukannya dan karateristiknya. Pemilihan aplikasi semen untuk konstruksi yang tepat akan meningkatkan durabilitas bangunan. Karena hal itulah, cermat dalam memilihnya adalah langah pertama bagi para engineer.

Selain itu, mortar juga dibedakan berdasarkan dari proses produksinya. Jika dilihat dari kategori ini, jenis mortar meliputi : semen Portland pozzolan, semen putih, mansory cement, semen sumur minyak, hydropobic cement, waterproofed cement, semen alumina, Portland composite cement, dan super Portland pozzolan cement.

Produk Mortar

Produk-produk semen mortar dipasar cukup banyak pilihan, diantaranya yang terkanl yaitu Mortar Utama dan DryMix.

Dibawah ini kami menawarkan beberapa produk untuk kepentingan pengganti readymix dan juga kebutuhan tambahan untuk kepentingan pembangunan

Showing all 4 results

Show sidebar
Harga Acian Putih Per Sak
Close

Harga Acian Putih Per Sak

Rp63.000

Penawaran mengenai harga acian putih dari kami untuk kebutuhan pengacian pada permukaan tembok sebagai finishing dari pembangunan.

Pemakaian acian sebagai salah satu solusi cepat dalam pengerjaannya. Sangat banyak manfaat serta keuntungan dalam menggunakan acian instan ini

Dengan menggunakan acian putih diantaranya dapat menghasilkan media acian lebih halus, mengurangi retak dan terkelupasnya permukaan.

Acian instan memiliki sifat plastis dengan daya rekat tinggi, cepat dan mudah dalam pengerjaan, hemat dalam pemakaian material serta dapat digunakan pada permukaan tembok atau beton dengan menambahkan lem putih ini

Merek Beton Instan Jayamix
Close

Harga Beton Instan Per Sak

Rp43.000Rp80.000

Penawaran harga beton instan Jayamix SCG ini merupakan jenis beton dalam kemasan, banyak merek yang beredar dipasaran yang sering kita temuai, mengenai harga cukup bervariasi, di sini kami hadir memberikan jawaban bagi mereka yang sedang membutuhkan jenis beton dalm sak-sakan ini.

Selanjutnya sebagai bahan pertimbangan anda, berikut ini kami susun informasi harga beton persak yang dapat kami distribusikan untuk kebutuhan material pengecoran secara instan, cepat dan hemat biaya

Seperti sebelumnya kami sebutkan bahwa merek beton instan di pasaran cukup banyak sekali, antara lain beton instan Jayamix, Tiga Roda, beton instan Holcim, One Mix, DryMix, Indokon, Decon, dan lain sebagainya.

Harga beton instan SCG juga menjadi bagian yang sering dicari mengenai informasinya, bagaimana tidak? Jayamix sendiri merupakan perusahaan beton pertama di Indonesia.

Dibawah ini adalah jenis mutu dan harga beton instan per sak yang dapat kami jual, banyak pilihan mutu yang dapat anda lihat disini.

Untuk melihat harga per mutunya dapat anda pilih pada bagian pilihan di bawah ini

Harga Perekat Hebel
Close

Harga Perekat Hebel Mortar

Rp65.000

Penawaran Perekat Hebel

Dalam penawaran ini kami informasikan mengenai harga perekat hebel per sak untuk minimal pemesanannya per DO atau 180 sak, harga yg kami tawarkan ini nego.

Selanjutnya kami uraikan mengenai jenis perekat hebel mortar pada bagian penjelasan dibawah ini.

Harga Plesteran Persak
Close

Harga Plesteran Per sak

Rp53.000

Harga plesteran per sak ini menjadi bagian dalam penawaran kebutuhan jenis mortar, penawaran dari kami dengan harga murah dan negotiable.

Kebutuhan plesteran dalam pembanguan sudah menjadi bagian terpenting sebagai finsihing, dapat menghemat waktu dan biaya, produk sangat praktis, kuat dan tahan lama.

Penawaran Mortar Plesteran

Sebagai salah satu kebutuhan dalam proyek pembangunan yaitu plesteran, tersedia informasi harga plesteran per sak yang dapat kami jual disini.

Takaran serta ciri-ciri plesetran diapat dilihat pada kolom keterangan produk dan lihat juga pada bagian daftar harga plester mortar