Sekitar Beton

Zat Tambah Beton Ready Mix Yang Perlu Diketahui

Zat Tambah Beton Ready Mix Yang Perlu Diketahui

Admixture

Penjelasan ini akan membawa anda untuk memahami peran penting dari pemakaian zat tambah serta manfaatnya dalam dunia konstruksi serta macam-macamnya yang bisa mempengaruhi sifat beton yang dibuat.

Definisi serta uraian mengenai admixture ini sebagai salah satu informasi tambahan mengenai penawaran harga ready mix yang kami jual disini, sebagai salah satu supplier beton cor yang sudah bertahun-tahun memberikan suppy

Manfaat Pemakaian Zat Tambah Beton dan Juga Macam-Macamnya

Perkotaan adalah wilayah yang memiliki progress pembangunan paling cepat. Di sinilah dibutuhkan struktur yang kuat untuk kokohnya suatu bangunan. Salah satu yang berperan penting ialah beton. Dengan adanya bahan bangunan ini, maka bangunan akan mampu menopang berat dan menghindari keruntuhan.

Baca juga informasi penawaran Harga Jayamix

Untuk membuat struktur yang kuat, maka beton dibuat dari agregat, semen, dan air. Pada kondisi tertentu untuk membuat beton memiliki kepadatan yang lebih kuat, maka ditambahkan zat tambah beton atau zat additive.

Manfaat Zat Tambah Beton

Bahan tambah merupakan zat yang ditambahkan ke dalam beton untuk membuat beton memiliki sifat tertentu. Bentuk zat tambah beton berupa bubuk maupun cairan yang ditambahkan saat pengadukan.

Tujuan pemberian zait ini ialah untuk:

  • Memperlambat waktu pengikatan
  • Mempercepat proses pengerasian pada beton
  • Membuat adukan lebih encer
  • Mengurangi sifat getas pada beton
  • Mengurangi resiko beton retak saat mulai mengeras
  • Mengurangi percepatan panas hidrasi pada beton
  • Meningkatkan kekedapan pada beton
  • Menambah tingkat keawetan beton

Untuk mengubah sifat beton tersebut, maka dibutuhkan zat tambah beton. Dari macam-macam zat tambah yang ada, masing-masing memiliki fungsinya sendiri.

Zat Tambah Beton Berupa Mineral

Dari pemberian semua zat tambah pada beton, dimungkinkan beton memiliki sifat yang bisa memperbaiki pelaksanan kerja pembetonan. Sehingga konstruksi berjalan sesuai dengan perencanaan semula.

Berikut ini ada jenis zat tambah beton yang memberikan atau mengubah sifat tertentu beton:

  1. Bahan tambah mineral
    Tujuan pemberian zat tambah ini ialah untuk memperbaiki kinerja dari beton itu sendiri. Bahan tambah mineral ini memiliki sifat penyemenan. Jenisnya bervariasi, dan didapat dari bahan alam berupa mineral khusus. Diantaranya ialah:
  • Fly ash, merupakan hasil residu dari pembakaran batu bara. Bentuknya berupa butiran halus.
  • Slag, merupakan granular hasil pembakaran yang didinginkan. Bentuknya halus dan bersifat non metal.
  • Silica fume, merupakan pollozan halus yang berasal dari tanur tinggi atau dari sisa produksi silicon.

Dengan pemberian fly ash ini, maka akan: meningkatkan workability dari beton, mengurangi panas hidrasi beton, dan mengurangi biaya pekerjaan beton. Selain itu penting pula dalam meningkatkan daya tahan terhadap serangan sulfat untuk lokasi pembetonan tertentu.

Penawaran lain Harga beton cor Jayamix

Pemberian zat tambah beton berupa fly ash juga bisa meningkatkan keawetan beton serta mengurangi resiko penyusutan. Dengan demikian, maka beton akan lebih awet dan bekerja lebih baik terhadap struktur konstruksi.

Tipe-Tipe Zat Tambah Beton Dari Kimia

Jenis zat tambah dari bahan kimia ini juga mampu mengubah sifat dari beton. Tipenya ada 7 macam yang perlu Anda tahu. Masing-masing memiliki fungsi penggunaan tersendiri.

  1. Tipe A
    Jenis ini disebut dengan water reducing admixture. Gunanya ialah untuk mengurangi air untuk pencampuran adukan beton.
  1. Tipe B
    Zat tambah beton ini disebut dengan Retarding Admixture, merupakan zat tambah untuk menghambat waktu pengikatan beton. Kondisi cuaca menyebabkan pengunaan bahan kimia ini sangat dibutuhkan.
  1. Tipe C
    Jenis zat tambah beton ini memiliki nama lain acceleration admixture. Dengan adanya penambahan zat ini maka proses pengikatan kekuatan awal beton akan lebih cepat terjadi.
  1. Tipe D
    Zat tambah tipe D disebut dengan water reducing and retarding admixture. Seperti namanya, zat tambah kimia ini memiliki fungsi ganda. Bukan hanya bisa mengurangi penggunaan air, namun juga bisa menghambat pengikatan awal ketika cuaca tidak mendukung.
  1. Tipe E
    Disebut pula dengan water reducing and acceleration admixture. Zat ini memiliki fungsi ganda, untuk mengurangi jumlah air dan untuk mempercepat proses pengikatan awal beton.
  1. Tipe F
    Zat tambah beton ini disebut pula dengan water reducing high range admixture. Fungsinya adalah untuk mengurangi penggunaan air sehingga betin mencapai konsistensi tertentu;
    Dengan memakai zat tambah ini maka kuat beton akan lebih tinggi dengan penggunaan air yang lebih sedikit. Dari sisi pengerjaan beton juga akan lebih mudah dengan tambahan zat ini.
  1. Tipe G
    Zat tambah beton tipe G memilki nama water reducing high range retarding admixture. Selain mengurangi penggunaan air dalam pembuatan beton, juga bisa menghambat pengikatan beton.
Zat Tambah Beton dan Bahan Lain Penyusunnya

Untuk menjadi sebuah beton yang sempurna untuk konstruksi, maka dibutuhkan sebuah campuran material yang tepat. Bukan hanya zat tambah beton saja namun pencampuran antara material juga penting dalam hal kualitas dan juga takarannya. Inilah bahan penyusun beton yang perlu Anda tahu:

  • Semen
    Banyak jenis semen yang ada di pasaran. Untuk sebuah beton normal, bahan penyusunnya ialah semen Portland. Fungsi utamanya ialah untuk mengisi rongga-rongga diantara butiran agregat. Komposisinya cukup 10 persen saja dari volume beton.
  • Agregat
    Ada dua jenis agregat yang dipakai. Yang pertama ialah agregat halus. Diameternya adalah 0,063 hingga 5 mm. Bentuknya berupa butiran pasir yang halus.
    Yang kedua adalah agregat kasar. Diameternya lebih dari 5mm, bentuknya berupa batu kerikil. Kedua agregat inilah yang memiliki komposisi paling besar dari sebuah beton.
  • Air
    Komponen ini sangat penting dalam pembentukan beton untuk menyajikannya dalam bentuk pasta. Sehingga, beton mudah dituangkan, maupun dicetak.
    Dengan adanya air ini, maka akan ada reaksi kimia yang membuat beton terhidrasi dan mengeras seperti batu setelah melewati waktu tertentu dan mengering.

Demikian informasi mengenai tipe-tipe admixture yang perlu Anda ketahui, sebagai informasi tambahan dalam penawaran produk beton, anda dapat menilik informasi harga beton cor dalam sak-sakan pada laman harga beton instan Jayamix

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *