Sekitar Beton

Kenali Bondek Cor Berikut Keuntungannya

Kenali Bondek Cor Berikut Keuntungannya

Material dalam konstruksi bangunan perlu dipilih dengan mempertimbangkan banyak hal. Sebab, salah pilih material bisa menyebabkan hal yang sangat fatal. Begitu juga saat Anda memilih bondek untuk cor.

Bondek sendiri adalah bahan galvanis yang bentuknya menyerupai seng yang bergelombang. Namun, fungsi dari bondek bukan lah untuk menutup atap.

Bondek merupakan material yang melapisi bawah cor lantai sebgai ganti dari triplek atau bekisting kayu. Bondek juga didesain untuk dapat mengkonversi pemakaian besaran diameter besi serta mengkonversi ketebalan dari cor beton.

Sistem gelombang plat pada bondek juga didesain untuk membantu struktur beton plat lantai menjadi lebih kuat. Jika Anda belum begitu paham dengan cara kerja dari bondek untuk cor ini, baik, akan kami analogikan dengan kertas tempat obat nyamuk bakar.

Jika dilihat, kertas tersebut sangat tipis, akan tetapi, saat dibuat berlipat-lipat, maka bisa menyangga obat nyamuk bakar yang massanya jauh lebih tinggi. Bondek untuk cor juga bekerja demikian rupa. Sistem lipat yang ada membuatnya menjadi lebih kuat.

Dalam dunia konstruksi, bondek untuk cor juga dikenal dengan steel deck, smart deck, maupun floor deck. Variannya pun sangat beragam. Sedangkan yang paling sering dipakai adalah bondek dengan ketebalan 0,75 mm serta lebar 1 m.

Baca juga material untuk kebutuhan pengecoran:

Harga Ready Mix

Cara Memasang Bondek

Bondek untuk cor pada dasarnya dipasang pada bagian atas tumpuan konstruksi baja, beton, atau batu bata. Panjang benda ini harus disesuaikan dengan bentangan yang memiliki jarak efisien antara bangunan tersebut. Sedangkan sambungan antara panel krisdek perlu disusun secara minimal.

Meskipun panel dec dapat dijadikan sebagai bekisting yang aman, tetapi, sangat disarankan untuk memakai papan untuk dijadikan lalu lintas pekerja. Pada pemasangan bondek untuk cor, harus dilakukan di atas tumpuan baja. Jika sudah selesai, gunakan lot serta waterpas.

Pemasangannya dapat dilakukan dengan cara membentangkan bondek secara kontinyu serta diikat melalui proses las dan memakai paku tembak. Ujung dek dilakukan pengelasan pada bagian atas sampai bawah memakai las cantum berdiameter 10 mm di bagian sisi rusuk panel tersebut.

Baca juga:

Harga Cor K225

Lalu, pemasangan dek disempurnakan dengan menutup lubang yang sudah rusak memakai pita perekat. Pastikan proses ini dilakukan pada sambungan sisi rusuk panel dek dengan dilakukan las cantum.

Terakhir, pada proses persiapan cor, dibutuhkan adanya tiang untuk menyangga. Sehingga lendutan pada pengecoran bisa dicegah. Proses pelepasan penyangga bisa dilakukan jika usia beton sudah 5 atau 7 hari setelah pengecoran.

Bondek Cor

Beberapa Keunggulan Bondek

Bondek untuk cor memiliki beberapa keunggulan seperti lebih praktis. Selain itu, bisa membuat proses pengecoran akan lebih baik serta beton tidak akan mubazir. Nah, ada juga hal lain yang menjadi kelebihan dari penggunaan bondek untuk cor, diantaranya :

  1. Hasil lebih rapi dan cepat serta bisa langsung dilakukan proses finishing cat dinding pada bagian bawahnya. Pun, tidak mudah terjadi cor beton yang keropos karena bekisting bocor.
  2. Ada dua cara menggunakan bondek yakni sistem balok lantai yang dicor baru diletakkan bondek di atasnya, atau bisa juga dengan meletakkan balok lantai yang dicor bersama dengan plat tersebut. Jadi, penggunaannya lebih fleksibel.
  3. Waktu dan tenaga jadi lebih efisien, karena penggunaan bondek lebih cepat dan mudah ketimbang menggunakan bekisting kayu.
  4. Plat bondek yang sudah dicor hingga lantai mengering, maka tidak perlu lagi dilepas. Sebab, telah jadi satu menjadi kekuatan struktur tersendiri.
  5. Bangunan dengan bondek tidak perlu lagi ditutup dengan plafon, karena plat galvanis bisa langsung di-finishing menggunakan cat dan tidak akan berkarat.

Meski banyak kelebihannya, ada juga beberapa kekurangan dari penggunaan bondek. Mulai dari pemasangan yang membutuhkan tukang berpengalaman, tidak cocok untuk diaplikasikan pada plat lantai cor beton area tepi seperti plat kanopi, hingga membutuhkan las listrik saat pemasangan supaya masing-masing bondek tidak tarik menarik.

Baca juga:

Harga Beton Cor

Bondek untuk cor juga tidak muda untuk dipotong. Sehingga, harus diukur terlebih dahulu sesuai dengan kebutuhan lapangan.

Nah, memakai bondek untuk pengganti bekisting kayu memang efektif untuk menghindari material yang tercecer serta pemborosan pada saat mengecor. Namun, perlu dilihat juga besar anggaran yang dimiliki. Pastikan Anda mempertimbangkan apakah lebih ekonomi menggunakan triplek atau bondek. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.