Sekitar Beton

Fungsi, Jenis, dan Cara Kerja Truk Molen Beton

Fungsi, Jenis, dan Cara Kerja Truk Molen Beton

Pada proyek konstruksi suatu bangunan, truk molen beton kerap digunakan. Nah, pada dasarnya, truk molen beton atau sering disebut dengan truck mixer ini menjadi salah satu alat yang penting pada pembangunan dengan skala besar. Sesuai dengan namanya, mobil ini berfungsi untuk mengaduk beton.

Truk molen beton bisa jadi tergolong pada mesin semi mobile dan bisa juga bersifat full mobile dengan mesin yang statis. Bentuk dari mesinnya adalah seperti molen yang besar, Nantinya, saat dipakai, mesin tersebut akan memutar pelan-pelan sampai beton bisa tercampur merata.

Baca juga:

Alat Angkut Beton

Fungsi Truk Molen Beton

Secara lebih spesifik, truk molen beton memiliki beberapa fungsi penting dalam suatu konstruksi bangunan. Beberapa diantaranya :

Mencampur Bahan Bangunan

Sudah dijelaskan bahwa mesin dalam truk molen ini berfungsi untuk mengaduk beton cor. Mesin ini bekerja dengan memutar beton sehingga material yang diperlukan akan tercampur dengan baik.

Mengecilkan Batuan

Fungsi lain dari truk molen beton adalah untuk mengubah batuan dengan ukuran besar menjadi lebih kecil. Mixer pada mobil truk ini akan membuat batu hancur sehingga ukuran batu yang diinginkan bisa terbentuk.

Mengangkut Beton Cor

Beton cor yang telah dicampurkan di dalam mesin bisa langsung di angkut ke lokasi proyek. Sehingga, akan lebih mengefektifkan waktu.

Beton Lebih Stabil

Pengadukan beton cor masih terus dilakukan selama truk molen dalam perjalanan. Beton kering terus dicampur dengan air sembari dijaga konsistensi dan kestabilannya sehingga tidak akan mengeras dalam berjalanan. Sehingga, teksturnya lebih pas dan bisa digunakan dalam proyek konstruksi secara maksimal.

Mudah Dimobilisasi

Truk molen beton ini merupakan alat transportasi yang sangat dibutuhkan dalam konstruksi berskala besar. Beton yang sudah diproses akan dibawa pada lokasi proyek dengan mudah. Sehingga akan sangat menghemat tenaga.

Baca juga:

Harga Ready Mix
Truk Molen Beton

Jenis Truk Molen Beton

Ada beberapa jenis truk molen beton yang perlu diketahui. Masing-masing truk molen ini memiliki keunggulan tersendiri, diantaranya :

Truk Molen Beton Mini

Jenis truk molen yang satu ini memiliki ukuran yang cukup kecil. Muatan cor beton dalam satu kali jalan yakni sebesar 3 meter kubik. Meskipun tidak terlalu besar, truk mini sangat baik dimanfaatkan pada medan jalan yang sempit dan memanjang.

Truk mixer ini juga mempunyai kecepatan yang pemutaran hingga 8 sampai 12 kali putaran setiap menit. Pemutaran ini berfungsi untuk membuat beton cor tidak mudah mengeras serta tetap homogen.

Baca juga:

Harga Beton Mini

Truk Molen Beton Standar

Truk molen beton berukuran standar ini juga memiliki nama lain yakni ready mix concrete. Fungsi dari truk ini adalah mengangkut beton cor dari pabrik beton (blaching plant) ke lokasi pengecoran. Daya angkutnya lebih tinggi, yakni 7 meter kubik setiap jalan.

Kekurangan dari truk mixer yang satu ini adalah tidak bisa melewati jalan yang sempit. Pada truk standar, terdapat fungsi khusus yakni untuk mengubah batu serta mineral alam sesuai ukuran yang diperlukan. Truk ini akan menghasilkan beberapa material yakni batuan bergradasi, semen, beton, dan aspal.

Cara Kerja Truk Molen Beton

Truk ini memiliki sistem operasi yang akan memudahkan para pekerja. Sebab, mereka tidak perlu lagi melakukan pengangkutan material ke lokasi proyek, truk molen yang akan melakukannya.

Nah, sebelumnya, pekerja harus mengangkut material kering dalam truk molen serta diisi menggunakan air supaya proses pencampuran dua bahan ini bisa berjalan dengan baik. Agar stabilitas kekentalan beton cor bisa dipertahankan, maka material akan mengalami proses agitasi yaitu pemutaran drum atau molen (tangki yang ada pada bagian atas truk).

Baca juga:

Batching Plant Beton

Pada bagian dalam drum, ada sebuah alat seperti pisau yang cara kerjanya adalah memutar satu arah yakni berlawanan dengan jarum jam. Pisau berbentuk spiral ini memiliki bentuk yang cukup besar serta kuat. Fungsinya untuk mengaduk beton cor sehingga kekentalan beton cor tetap terjaga. Alat pengaduk ini akan terus bekerja selama perjalanan truk menuju ke lokasi konstruksi.

Sesudah sampai pada lokasi, wadah akan berputar balik sesuai arah jarum jam. Lalu, putaran akan jadi lebih cepat supaya adukan bisa keluar dan bisa dimanfaatkan dengan baik.

Demikian pembahasan tentang truk molen beton. Dari ulasan di atas, tentu Anda sudah mengetahui fungsi, jenis, dan cara kerjanya. Dengan begitu, Anda pun bisa memanfaatkan mesin ini secara benar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.