Sekitar Beton

Alat-Alat Angkut Beton Mulai dari Molen Hingga Concrete Pump

Alat-Alat Angkut Beton Mulai dari Molen Hingga Concrete Pump

Armada Sekitar Beton Ready Mix

Ada banyak jenis alat angkut, khususnya dalam dunia konstruksi. Beberapa diantaranya sangat bermanfaat sebagai alat angkut beton basah menuju ke lokasi konstruksi.

Kendaraan ini sangat penting, mengingat trend penggunaan beton ready mix akhir-akhir ini yang makin populer di Indonesia. Inilah jenis kendaraan sebagai alat angkut beton basah yang makin memudahkan pekerjaan konstruksi hingga lebih efisien biaya, waktu, dan tenaga kerja:

  1. Alat Angkut Beton Truck Mixer

    Truck mixer lebih dikenal dengan istilah molen. Jenis kendaraan ini sangat istimewa sehingga mampu mempertahankan kualitas dan sifat beton selama proses pengangkutan dari batching plant menuju ke lokasi konstruksi.

    Molen ini dapat digunakan untuk berbagai proyek dan merupakan solusi untuk banyak masalah. Aspek terpenting dari jenis kendaraan ini adalah fleksibilitas untuk selalu mempertahankan mutu beton segar hingga lokasi.

    Lihat penawaran beton pada laman harga beton Jayamix

    Untuk proyek yang memakai ready mix sebagai beton segarnya, maka secara otomatis, produsen akan menyertakan truck mixer ini untuk pengangkutan beton. Zat tambah memungkinkan untuk dimasukkan demi mempertahankan sifat beton segar hingga sampai ke tempat tujuan.

    Secara umum, inilah manfaat truck mixer beton ini:

  • Bahan disimpan di tempat sampah terpisah. Hal ini memungkinkan Anda untuk mendapat campuran segar untuk konstruksi yang dilakukan.
  • Sangat ideal untuk lokasi konstruksi yang terpencil
  • Solusi jika batch tidak dapat dipasang di lokasi kerja dan memproduksi site mix beton
  • Mengurangi jumlah limbah beton di lokasi konstruksi, karena beton segar bisa langsung dituangkan ke site
  • Beton selalu dalam keadaan segar
  • Tidak perlu khawatir kalau beton menjadi terlalu panas atau rusak mutunya
  • Ada berbagai ukuran truck molen tergantung pada seberapa banyak beton yang diperlukan dalam konstruksi.
  1. Alat Angkut Beton Pompa Beton

    Dalam dunia konstrusi, pompa beton disebut juga dengan concrete pump. Alat angkut ini merupakan mesin yang digunakan untuk memindahkan beton segar dengan cara memompa. Pompa ini disalurkan ke situs konstruksi.

    Kelebihannya ialah bisa menjangkau tempat tinggi, tempat yang sempit, dan jauh. Hal ini memungkinkan untuk dilakukan karena adanya lengan panjang pada alat angkut beton yang satu ini.
    Jenis pompa beton paling banyak dipakai adalah pompa beton boom. Mesin ini dipasang pada truk atau unit yang lebih panjang menggunakan semi-trailer.
    Pompa beton boom ini menggunakan lengan robot artikulasi yang bisa dikendalikan lewat jarak jauh. Dengan cara ini, penuangan beton segar bisa lebih tepat ada site yang diinginkan karena lebih akurat.

    Lihat penawaran harga sewa pompa Beton

    Pompa boom inilah yang digunakan pada sebagian besar mega proyek konstruksi karena mampu memompa beton segar dengan volume yang sangat tinggi. Dengan demikian juga bisa menghemat tenaga kerja yang dipakai.

  1. Alat Angkut Beton Pompa Kodok

    Pompa kodok adalah jenis alat angkut beton lainnya. Istilah lain untuk menyebut alat ini adalah portable concrete pump. Salah satu kelebihan utama dari alat angkut ini adalah bisa melakukan pengecoran baik horizontal maupun vertikal.

    Karena hal di atas, pompa kodok bisa dipakai dalam pengecoran gang sempit atau gedung tinggi. Jarak horizontal yang bisa dicapai ialah 300 meter. Sedangkan jarak vertikalnya adalah 120 meter, tergantung dengan spesifikasi produk dan merek pompa jenis ini.

    Pengoperasian alat ini butuh penguasaan khusus. Maka, untuk memeperlancar pengerjaan konstruksi, pastikan memiliki tenaga kerja yang bisa mengoperasikannya. Atau jika Anda menyewa, pastikan jika harga sewa termasuk dengan operator yang mendukung.

  1. Alat Angkut Beton Pompa Mini

    Seperti namanya, alat angkut ini memang berukuran mini. Di hampir seluruh poryek konstruksi, kendaraan alat angkut beton ini bisa digunakan. Untuk proyek-proyek kecil pun, pompa mini sangat direkomendasikan karena lebih efisien.

    Kapasitas alat angkut beton ini adalah 2,5 hingga 3 meter kubik satu kali jalan. Kapasitas ini cocok bagi konstruksi kecil. Jika ingin mengangkut kapsitas atau volume beton segra lebih banyak bisa memakai truck mixer lebih besar atau ukuran standar. Kapasitasnya bisa mendapat 6 hinga 7 metre kubik satu kali angkut. Pemilihannya tergantung pada besar kecilnya proyek konstruksi.
    Berikut ini keuntungan utama memakai pompa mini atau ini concrete pump sebagai alat angkut beton:

  • Transportasi Fleksibel
    Pompa beton mini berukuran sangat kecil sehingga lebih mudah dan cepat menjangkau lokasi konstruksi. Karena hal ini pula, pompa mini bisa dipakai untuk wilayah terpencil sekalipun.
  • Penggunaan yang mudah
    Ada banyak jenis pompa beton mini yang tersedia di pasar. Mulai dari spesifikasi hingga brand yang ada cukup beragam. Operasionalnya juga cukup mudah.  Fitur utamanya adalah hal yang terkait dengan gaya, ukuran, serta fleksibilitas yang disediakan.
  • Penempatan beton sangat akurat
    Dengan kendali jarak jauh maupun manual, pompa mini dapat menyalurkan beton dengan lebih akurat. Inilah keuntungan yang diberikan pompa beton mini. Pengerjaan beton jadi lebih mudah.
  • Pemakaian SDM lebih efisien
    Pompa beton mini hanya membutuhkan orang untuk penoperasiannya. Hal ini tentu lebih efisien dan mengurangi penggunaan SDM dalam penuangan beton segar ke site pengecoran.

Demikian informasi mengenai sekitar alat angkut yang berhubungan dengan kebutuhan pengecoran, berikut pelengkap mengenai harga ready mix yang kami tawarkan disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.