Sekitar Beton

Jenis Pasir dan Campuran Ini Dibutuhkan dalam Pembuatan Beton

Jenis Pasir dan Campuran Ini Dibutuhkan dalam Pembuatan Beton

Pasir

Pada materi ini anda akan diberi pemahaman mengenai material pasir sebagai bahan baku dalam pembangunan yang bisa ditemukan dari alam dan terdiri dari beberapa jenis yang berbeda untuk berbagai keperluan di bidang pembangunan.

Sebagai makalah tambahan dalam penjualan ready mix yang kami tawarkan di sini, bila anda membutuhkan informasinya dapat dilihat pada tautan harga ready mix,Β banyak pilihan mutu beton yang dapat anda temukan dengan penawaran menarik.

Jenis Pasir Campuran Ini Dibutuhkan dalam Pembetonan dan Kontruksi

Pasir adalah salah satu bahan untuk bangunan yang berbentuk butiran. Pasir menjadi material yang digunakan pada hampir semua bidang kontruksi pembangunan. Pasir umumnya digunakan sebagai penimbun atau bahan campuran untuk jenis materi kontruksi yang lain.

Tersedia informasi mengenai harga ready mix tiga roda

Jenis-jenis pasir untuk bangunan

Ada banyak jenis pasir yang bisa digunakan sebagai bahan untuk pembuatan suatu bangunan, seperti yang berikut ini:

  1. Pasir pasang
    Pasir jenis ini memiliki ciri-ciri jika dikepal, pasirnya akan menggumpal serta tidak kembali ke bentuk semula. Pasir pasang sering digunakan sebagai campuran pada pasir beton agar lebih mudah dipakai untuk keperluan plesteran.
  1. Pasir merah
    Jenis pasir merah umumnya digunakan sebagai bahan untuk pembuatan cor. Hal ini tidak lepas dari karakteristik pasir merah yang memiliki tekstur agak kasar dengan batuan yang lebih besar.
  1. Pasir beton
    Pasir beton memiliki warna hitam dengan butirannya yang cukup halus. Jika dikepal, pasir iniΒ  tidak akan menggumpal dan akan kembali puyar. Pasir beton cocok dijadikan sebagai bahan untuk pengecoran, pondasi, plesteran serta pemasangan batu dan batu.
  1. Pasir putih cilegon
    Pasir putih Cilegon diambil dari daerah Cilegon dengan kualitas pasir yang bagus sehingga cocok dijadikan sebagai bahan bangunan. Pasir ini terkenal dengan kelembutan serta kehalusannya dan sangat bangus untuk dijadikan bahan baku pembuatan rumah.
  1. Pasir hitam
    Pasir hitam memiliki ciri khas bewarna hitam pekat dengan butirannya yang agak kasar. Pasir ini tidak mengandung lumpur sehingga cocok dijadikan sebagai bahan pengecoran kontruksi dan lain-lain.

Pasir hitam juga cocok dijadikan sebagai bahan plesteran dengan cara diayak terlebih dahulu secara manual. Pengayakan bisa dilakukan dengan alat sederhana pada proyek-proyek kecil dan mesin untuk jenis proyek yang besar. Dengan pengayakan, pasir hitam bisa dijadikan sebagai plesteran untuk permukaan dinding tanpa harus mengurangi kekuatan dari kontruksi bangunan.

Baca juga informasi mengenai penawaran harga Jayamix

Pasir yang baik untuk bangunan

Menurut standar yang telah ditetapkan oleh SNI, ada persyaratan dalam menentukan apakah pasir yang digunakan baik atau tidak untuk bangunan, seperti yang berikut ini:

  • Pasir terdiri dari butiran tajam serta keras dengan indeks kekerasannya yaitu < 2.2
  • Memiliki sifat yang kekal dan bila diuji dengan natrium sufat maka bagian yang hancur maksimal adalah 12%
  • Jika diuji dengan magnesium sulfat, bagian yang hancur maksimal adalah 10%
  • Pasir harus memiliki reaksi yang negatif terhadap alkali untuk pembuatan beton dengan tingkat keawetan yang tinggi
  • Tidak mengandung lumpur lebih dari 5% dan harus dicuci jika lebih dari itu
  • Tidak boleh mengandung bahan organik yang terlalu banyak
  • Memiliki modulus kehalusan antara 1,5 sampai 3,8 pada susunan butiran pasirnya
  • Pasir terdiri dari beraneka ragam
  • Penggunaan pasir laut sebagai bahan agregat halus pada beton tidak diperbolehkan kecuali dengan adanya petunjuk dari pemerintah mengenai bangunan yang diakui
  • Jenis agregat halus yang digunakan untuk bahan plesteran serta spesi terapan diharuskan memiliki persyaratan sebagai pasir pasangan

Pilihlah jenis pasir sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan oleh SNI sehingga pembuatan kontruksi bisa lebih berkualitas dan awet. Adapun cara paling mudah untuk mengetahui apakah pasir tersebut bagus atau tidak adalah dengan cara menggenggamnya lalu dilepaskan. Pasir yang bagus adalah pasir yang ketika dilepaskan akan pecah dan bertebaran saat dilepas dari genggaman.

Demikian informasi mengenai pasir sebagai bahan campuran pada pembuatan beton, jangan lupa untuk untuk menilik kebutuhan dan informasi harga beton cor, dan dapatkan harga terbaik dari kami

3 thoughts on “Jenis Pasir dan Campuran Ini Dibutuhkan dalam Pembuatan Beton

  1. niken swastika berkata:

    Terima kasih infonya sangat bermanfaat, ditunggu info menarik selanjutnya, jangan lupa kunjungi website kami juga di http://aik.co.id/
    salam sukses selalu πŸ™‚

    1. Alitmix berkata:

      Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di laman web kami, semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *