Sekitar Beton

Pengenalan Baja Ringan dengan Segala Kelebihan dan Kekurangannya

Pengenalan Baja Ringan dengan Segala Kelebihan dan Kekurangannya

Baja Ringan

Penjelasan: Pada pembahasan kali ini kami akan membahas mengenai baja ringan dengan segala kelebihan dan kekurangannya untuk konstruksi terutama dalam pembuatan struktur yang makin populer hingga kini menggantikan material lain, seperti kayu.

Keuntungan dan Kerugian Penggunaan Baja Dalam Konstruksi

Sepanjang sejarahnya, manusia telah menggunakan berbagai material dan bahan yang berbeda untuk mempermudah kehidupan mereka. Karena hal inilah, penggunaan material-material yang lebih menguntungkan dipilih oleh manusia. Salah satunya ialah pemakaian baja ringan dalam kehidupan.  Material yang termasuk logam ini dipakai dalam banyak sendi kehidupan termasuk konstruksi.

Baca juga: harga Ready Mix

Apa Itu Baja?

Baja pada dasarnya merupakan kombinasi besi dan karbon (sekitar 0,05% hingga kurang dari 1,7%, tergantung pada penggunaannya). Proporsi karbon dalam konformasi baja mempengaruhi karakteristik baja tersebut dan bisa menentukan kualitasnya. Terkdang, ditemukan pula baja dengan kandungan seperti : Cr (Chromium) atau Ni (Nickel).

Karakteristik Mekanik Baja

Untuk membangun sifat fisik dan mekanik baja bisa dibilang cukup sulit. Hal ini karena dibutuhkan penyesuaian dalam komposisi dan berbagai perlakuan termal, kimia atau mekanik. Berikut ini beberapa karakteristik mekanik baja :

  • Kepadatan rata-rata baja adalah 7,850 kg / m-3.
  • Baja dapat menyusut, meregang atau meleleh tergantung pada suhu.
  • Memiliki titik didihnya sekitar 3000ºC (5400ºF).
  • Baja adalah bahan yang sangat ulet, sehngag banyak diaplikasikan sebagai matetoal pembuatan alat-alat dan struktur bangunan.
  • Dapat dilas dengan mudah.
  • Korosi adalah kelemahan terbesar dari baja karena oksidasi besi
  • Besi memiliki konduktivitas listrik yang tinggi
  • Memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap api

Baja Ringan

Kelebihan dan Kekurangan Baja Dalam Konstruksi (Struktural)

Dalam dunia konstruksi, ditemukan material berupa baja ringan. Baja struktural ini merupakan paduan besi, karbon dan sejumlah kecil unsur lain seperti silikon, fosfor, sulfur dan oksigen, yang memberikan karakteristik khusus pada material tersebut. Material ini pun memiliki kelebihan dan kerugian tersendiri dalam aplikasinya.

Keuntungan Baja sebagai Bahan Konstruksi:

  • Baja memiliki sifat-sifat yang tetap dan tidak berubah secara signifikan dari waktu ke waktu seperti halnya dengan struktur beton bertulang.
  • Memiliki durabilitas yang tinggi, terutama jika pemeliharaan struktur baja tersebut memadai
  • Sifat ulet dari baja struktural bisa mencegah kegagalan prematur.
  • Cukup fleksibel untuk konstruksi dengan kemampuannya dalam penyesuaian dengan berbagai jenis konektor, seperti pengelasan dan sekrup.
  • Mempercepat perakitan struktur suatu bangunan atau pekerjaan konstruksi.
  • Bisa dirakit dalam berbagai ukuran dan bentuk.
  • Bisa digunakan kembali setelah membongkar struktur, sehingga lebih ramah lingkungan.

Baca info lainnya: harga beton Jayamix

Selain berbagai keuntungan di atas, baja ringan yang dipakai dalam struktural juga memiliki kekurangan. Karenanya, engineer bisa memakai alternatif material lain sebagai solusinya. Berikut ini kekurangan baja sebagai bahan struktural :

  • Rentak akan korosi jika tanpa pelapisan bahan anti karat. Utamanya ketika terkena air dan udara, baja akan mudah berkoris. Sebagai solusi, dibutuhkan pengecatan secara berkala.
  • Baja memiliki kemampuan untuk mempercepat penyebaran kebakaran, meningkatkan suhu kamar, dan bisa  mengobarkan api lebih cepat pada bahan konvensional lain seperti kayu, kain dan lainnya.
  • Butuh ahli berpengalaman dan professional dalam pemasangan baja ringan untuk struktural.

Baja dalam konstruski, umumnya ditemui dalam bentuk Light Gauge Steel  atau baja ringan. Struktur baja ini tersusun atas batang-batang baja profil lebih ringan dibanding bahja umumnya. Karenanya, baja ini bisa menghasilkan berbagai desain dengan pengerjaan lebih mudah.

Anda memerlukan beton dalam kemasan? lihat harga beton instan

Pemakaiannya yang paling ialah sebagai rangka atap. Baik itu rumah hingga pabrik, sudah banyak yang mengaplikasikannya. Material ini dinilai lebih praktis dan mudah pemasangannya dibanding material rangka kayu. Tentunya dengan segala kelebihan dan kekurangannya, baja ringan makin populer sebagai struktur bangunan saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.