Sekitar Beton

Mengenal Komponen Bekisting Kolom (Formwork)

Mengenal Komponen Bekisting Kolom (Formwork)

Komponen bekisting kolom yang terdiri dari berbagai macam bagian termasuk komponen tambahan berupa kayu maupun multiplek yang semuanya mendukung hasil kerja bekisting.

Bekisting atau formwork adalah sistem pendukung yang berguna dalam menempatkan beton cor. Dalam pekerjaan ini termasuk pula cetakan berupa bidang yang kontak dengan beton. Maka dari itulah, dalam konstruksi, pekerjaan ini menjadi hal penting untuk kesuksesan pembetonan.

Keberhasilan pemilihan Komponen bekisting kolom akan mempengaruhi berbagai hal. Beberapa diantaranya adalah dalam hal posisi, ukuran dan juga bentuk beton yang dicetak. Fungsi lainnya adalah untuk struktur penyangga sementara pada seluruh beban yang ada. Penyangga ini sangat penting sebelum struktur beton mampu berfungsi penuh. Beban yang dimaksud adalah termasuk bahan-bahan, alat dan pekerja proyek.

Dalam pembuatan konstruksi yang menggunakan fromwork atau bekisting ini membutuhkan material beton, mengenai beton ini kami memiliki penawaran yang dapat anda lihat pada laman Harga Ready Mix

Dasar dan Fungsi Perencanaan Bekisting (Formwork)

Sebelum mengetahui Komponen bekisting kolom, maka perlu Anda ketahui dulu tentang dasar perencanaan pekerjaan ini. Semua perencanaan akan menjadi tanggung jawab pemborong kerja. Maka, pekerjaan ini harus dilakukan dengan seteliti mungkin dengan memperhatikan segala faktor.

Pekerjaan beksiting sendiri memiliki fungsi sebagai berikut :

  • Bekisting mampu menentukan bentuk dari bekisting beton yang akan dibuat guna suatu proyek. Beksiting menyesuaikan bentuk konstruksi yang dibuat,
  • Beksiting ini haruslah mampu mneyerap dengan aman semua beban yang ditimbulkan akibat dari spesi beton serta berbagai beban luar bahkan geratan yang ada. Jikalaupun ada perubahan bentuk akibat geseran-geseran dapat diperkenankan asalkan tidak melampui dari toleransi tertentu.
  • Beskiting ini dapat digunakan dengan cara sederhana yang dapat dipasang dilepas dan dipindahkan.

Selain beberapa fungsi di atas, Anda juga perlu mencatat tentang tujuan penting dari penggunaan bekisting dalam berbagai proyek kosntruksi. Beberapa diantaranya adalah petimbanganĀ  tentang :

  • Kualitas, maksudnya adalah bekisting haruslah didesain dan dibuat dengan kekakuan dan keakurasian. Hal ini akan membuat bentuk, ukuran, posisi, dan penyelesaian pengecoran dapat dilaksanakan sesuai toleransi yang direncanakan.
  • Keselamatan, maksudnya adalah beksiting ini didirikan dengan kekuatan yang cukup dan menunjang faktor keamanan yang memadai. Hal ini selanjutnya dapat menahan dan menyangga seluruh beban hidup serta mati tanpa adanya keruntuhan. Bagi pekerja pun, bekisting tidak boleh membahayakan.
  • Ekonomis, maksudnya adalah bekisting dibuat secara efisien untuk meminimalisasi waktu serta biaya dalam suatu proses pelaksanaan guna keuntungan kontraktor maupun pemilik proyek.

Baca Juga: Harga Jayamix

Bekisting Permanen

Komponen Bekisting Kolom

Bekisting kolom sendiri memiliki komponen khusus. Beberapa diantara yang perlu Anda tahu adalah :

  • Base balok yang berguna dalam perkuatan dan penstabil beksiting kolom
  • Tie yoke dan Wing nut yang menjadi satu kesatuan bekisting kolom yang berguna dalam mengunci dari column whaller
  • Column whaller dengan tambahan besi strip dan besi siku yang dilas memiliki panjang sisi bermacam-macam. Bentuknya adalah L dan disesuaikan dengan ukuran kolom yang terdapat di lapangan.

Dalam suatu pekerjaan bekisting, diperlukan pula komponen pendukung. Beberapa diantaranya adalah :

  • Kayu
    Sifat kayu ini adalah kuat dan fleksibel. Hanya saja, komponen ini cukup mahal harganya dengan keunggulannya yang tahanĀ  lama dan ringan serta mudah dikerjakan.
  • Multiplek
    Inilah komponen yang terdiri dari sejumlah lapisan kayu finer yang direkatkan bersilang satu sama lain. ketebalannya berberda-beda sampai dengan 3 mm. Penggunaan material ini sering kali kurang efektif karena harganya yang relatif mahal dan juga sudut serta tepi dari multiplek ini yang mudah rusak.

Itulah Komponen bekisting kolom tambahan yang biasa diperlukan dalm konstruksi. Pekerjaan ini membutuhkan ketelitian yang tinggi karena akan berakibat pada hasil cetakan dan kualitas dari sebuah konstruksi yang dibuat.

Baca juga: Harga Beton Cor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *