Dunia Konstruki

Mengenal Stamper Alat Konstruksi dengan Nama Binatang

Mengenal Stamper Alat Konstruksi

Dunia konstruksi memang kadang lucu, ada beberapa istilah dengan penyebutannya dengan nama binatang dalam hal ini stamper sebagai alat pemadat tanah.

Jenis alat tersebut yaitu Stemper Kodok dan Stemper Kuda dimana keduanya dapat diaplikasikan sebagai alat pemadat dalam konstruksi yang lebih praktis penggunaannya dan lebih efisien dalam biaya maupun penggunaan tenaga kerja.

Masih banyak istilah lain untuk penyebutan ini, salah satunya pompa beton, salahs atu jenis alat yang kami sewakan disini, untuk melihat harganya dapat ditinjau pada laman harga sewa pompa kodok

Mesin Stamper Sebagai Alat Pemadat Pada Pekerjaan Konstruksi

Dalam konstruksi, stamper dikenal juga dengan istilah tamping rammer. Inilah mesin atau alat yang dipakai untuk proses pemadatan tanah, aspal, dan pada susunan batu. Secara luas, kegunaan stamper ialah untuk konstruksi bangunan, jalan,dan pabrik-pabrik.

Seperti yang diketahui bahwa dalam persiapan tanah dan lahan untuk konstruksi membutuhkan tanah yang padat. Dengan demikian akan menghasilkan lahan yang cocok untuk pembangunan gedung maupun jalan.

Bagian-Bagian Mesin Stamper

Stamper merupakan suatu mesin yang bobotnya cukup berat karena memiliki beberapa bagian utama. Karenanya, pemakaian mesin ini harus hati-hati dan mempehatikan keselataman kerja untuk menghindari kecelakaan.

Berikut ini bagian-bagian dari mesin stamper :

  • Mesin : menjadi sumber tanaga bagi berjalannya stamper untuk pemadatan. Bagian ini mengubah roda gigi menjadi gerakan vertikal timbal balik.
  • Pegangan sekaligus pengarah : Bagian ini selain menjadi pegangan juga menjadi bingkai pelindung bagian mesin stamper. Pegangan biasanya terbuat dari besi hingga bisa kuat dan kokoh. Tugas operator ialah mengarahkan mesin stamper ke arah lokasi yang akan dipadatkan.
  • Kaki hentak stamper : kaki hentak ini dipakai untuk melanjutkan gerakan vertikal timbal balik dari mesin. Dengan demikian, tumbukan bisa terjadi hingga tanah maupun asphalt bisa lebih padat dan mengurangi rongga di dalamnya.
  • Plat tumbuh : terletak di bawah kaki hentak dan berhubungan langsung dengan permukaan tanah yang ditumbuk.

Cara Memakai Mesin Stamper Untuk Pemadatan

Sebagai alat yang bobotnya cukup berat, stamper perlu dioperasikan dengan benar. Pelajari dulu bagian-bagian dari meisn ini dan operasikan sesuai dengan ketentuan. Inilah tips dan cara pemakaian mesin untuk menghasilkan kinerja makismal pada konstruksi :

  • Memastikan ketersediaan bahan bakar agar mesin bisa beroperasi maksimal
  • Operator mengecek mur dan baut untuk menghindari kebocoran oli dan menghindari kecelakaan kerja.
  • Mengoperasikan mesin stamper : sebelum dipakai, mesin stamper perlu dipanaskan terlebih dahulu antara 3 menit hingga 5 menit dengan kecepatan yang rendah.
  • Pemeliharaan mesin stamper : selayaknya mesin-meisn lainnya, mesin stamper perlu di rawat dan dipelihara dengan baik. Hal utama yang diperhatikan ialah saluran bahan bakar, pengantian oliĀ  mesin dan pelumasan pada kaki penghentak.
  • Penyimpanan mesin stamper : dilakukan dengan penempatan pada ruang yang kering dan agak dingin. Usahakan saat menyimpan, alat ini tetap berdiri hingga perlu dibuatkan rak penahan.

Baca juga penawaran menarik: harga Jayamix

Perbedaan Stamper Kuda Dan Stamper Kodok

Untuk pekerjaan konstruksi, dikenal dua jenis mesin stamper. Yang pertama adalah mesin stamper kodok. Dan yang kedua adalah mesin stamper kuda. Inilah perbedaan keduanya :

  • Arah gerak : mesin stamper kuda bisa dipakai dengan arah atas bawah. Sedangkan mesin stamper kodok hanya bisa dipakai untuk arah maju saja atau mundur.
  • Pemakaian : stamper kuda banyak dipakai untuk pemadatan tanah dan urukan serta puing. Sedangakn stamper kodok dipakai untuk memadatkan dan meratakan paving block pada pengerjaan konstruksi.

Selain mesin stamper, ada beberapa lagi mesin dan peralatan yang dipakai untuk pemadatan tanah pada konstruksi. Semuanya merupakan mesin pemadat yang sabi djumpai di pasaran, yang bisa dibeli maupun disewa, seperti : Vibro roller/ bay roller, roller halus,

Pemilihan pemadatan tanah maupun paving block ini disesuaikan dengan kondisi tanah dan pekerjaan. Masing-masing memiliki efektivitas kerja yang berbeda, dengan keunikannya masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *