Sekitar Beton

Cara Lain Menghitung Kebutuhan Ready Mix Untuk Pengecoran

Cara Lain Menghitung Kebutuhan Ready Mix Untuk Pengecoran

Kebutuhan Ready Mix

Menghitung kebutuhan ready mix untuk pengecoran sebagai cara menekan budget dan juga meningkatkan efektivitas kerja di proyek konstruksi serta kelebihan-kelebihan beton ready mix untuk konstruksi. Dengan materi ini maka informasi akan harga ready mix dapat dijadikan acuan serta perencanaan yang matang,

Dengan adanya teknologi dalam pembuatan beton cor, memungkinkan pemenuhannya untuk konstruksi bisa lebih efektif. Salah satunya ialah dengan adanya beton ready mix. Beton yang dibuat di batching plant ini mampu menghasilkan beton dalam skala besar.

Agar lebih efisien dalam pelaksanaan pembetonan atau pengecroan, maka Anda harus menghitung kebutuhan ready mix untuk pengecoran. Dengan cara ini, maka Anda akan mendapatkan lebih banyak keuntungan dan manfaat.

Manfaat Menghitung Kebutuhan Ready Mix Untuk Pengecoran

Jika Anda ingin memulai sebuah proyek konstruksi, maka hal wajib yang harus dilakukan ialah menghitung kebutuhan ready mix untuk pengecoran. Dengan demikian, maka pelaksanaan proyek bisa lebih matang. Selain itu, keuntungan ini akan bisa Anda dapatkan:

  • Efektivitas dalam budget
    Dengan menghitung kebutuhan ready mix untuk pengecoran, maka urusan budget jadi lebih terencana. Anda akan tahu berapa dana yang dibutuhkan. Tentunya pemilik proyek tak mau jika sampai ada kendala dalam hal budget karena salah memprediski kebutuhan material.
    Untuk itulah, konsultasikan dengan ahli teknik sipil guna menghitung kebutuhan ready mix untuk pengecoran jika tidak bisa melakukan perhitungan sendiri.
  • Efektivitas tenaga
    Selain budget, mengetahui perhitungan kebutuhan ready mix akan membantu dalam efektivitas pemakaian tenaga kerja. Karena dalam penuangan maupun dalam persiapan pengecornan, akan dibutuhkan tenaga kerja. Mulai dari tukang hingga operator, ketersediaannya harus dipenuhi sebelum ready mix siap di cor.
  • Persiapan alat
    Alat-alat dibutuhkan dalam penuangan beton ready mix. Seperti concrete pump atau lift cor. Persiapan ini harus sesuai dengan kebutuhan ready mix yang ada.Sebelum ready mix datang dan siap dicor pastikan alat sudah terpasang hingga beton cor segar siap dituang. Bila menunggu terlalu lama, beton bisa rusak dan mutunya berkurang.

Cara Menghitung Kebutuhan Ready Mix Untuk Pengecoran

Untuk memenuhi kebutuhan bahan bangunan, maka beton ready mix perlu didatangkan ke lokasi konstruksi. Namun sebelum itu, Anda harus menghitung kebutuhan ready mix untuk pengecoran terlebih dahulu. Dengan demikian, maka Anda akan tahu berapa truck mixer yang diperlukan untuk pengecoran tersebut.

info lain untuk kebutuhan pengecoran di laman: harga beton Jayamix

Berikut ini ada gambaran umumnya. Meskipun pada praktiknya di lapangan akan ditemui fakta berbeda karena struktur dan juga ukuran di lapangan akan berbeda pula.

  • Tentukan volume struktur yang akan di cor. Misalkan volume pada plat lantai yang akan di cor.
  • Setelah itu tentukan safety factornya atau angka keamanan. Buat saja 2,5% lalu kalikan dengan volume plat lantai yang akan di cor tersebut. Dengan demikian, maka Anda akan mendapatkan volume dari kebutuhan beton cor untuk konstruksi.
  • Jika dalam 1 truck mixer mampu mengangkut 5 meter kubik beton segar, maka hitung berapa truck mixer beton yang kita butuhkan.

Dari cara menghitung kebutuhan ready mix untuk pengecoran sederhana tersebut, Anda bisa memperkirakan jumlah beton segar ready mix yang akan dibutuhkan. Hitungan kebutuhan beton ini diihat dari berapa truck yang dibutuhkan.

Menghitung Kebutuhan Ready Mix Untuk Pengecoran

Saat ini, beton ready mix menjadi solusi paling strategis dalam memenuhi material konstruksi. Bukan hanya di Indonesia, namun juga semua negara. Maka tak heran jika sebelum proses pengecoran dilakukan, perlu tahu dulu menghitung kebutuhan ready mix untuk pengecoran.

Baca juga informasi kebutuhan beton cor di laman harga jayamix

Dengan demikian, maka proyek akan berjalan sesuai dengan perencanaan yang ada. Dengan memakai beton siap pakai ini, maka pemilik proyek akan mendapatkan kelebihan yang lebih besar dibanding dengan pembuatan beton konvensional:

  • Kualitas
    Inilah yang jadi pertimbangan utama dalam pemakaian beton ready mix. Selain menghitung kebutuhan ready mix untuk pengecoran, tentukan pula kualitas beton yang akan dipakai. Hal ini akan mempengaruhi pula dalam pemilihan material.Ketatnya proses produksi dan pengawasannya akan menghasilkan beton sesuai dengan mutu yang dijanjikan. Hal ini juga terkait dengan pengiriman yang juga butuh pengawasan yang ketat.
  • Pelayanan
    Masalah pengiriman akan menjadi tanggung jawab perusahaan beton ready mix. Armada yang dipakai berupa truck mixer atau truck pengaduk.
    Pelayanan khusus juga akan disediakan, berupa pompa, conveyor, dan pengirkman di waktu tertentu sesuai dengan kebutuhan konstruksi.
  • Kenyamanan
    Lokasi proyek akan lebih ramah lingkungan dan lebih nyaman bagi pekerja dan masyarakat sekitarnya. Karena beton ready mix dibuat di batching plant, lokasi proyek tak akan kotor, bising, dan berdebu.

Disamping kelebihan di atas, ternyata, beton ready mix juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya:

  • Biaya lebih mahal
    Biaya beton ready mix lebih mahal dibandingkan dengan beton site mix atau olah di tempat.Selisih biaya ini bisa dipertimbangkan, khususnya jika hasil menghitung kebutuhan ready mix untuk pengecoran membutuhkan asupan beton yang banyak. Akan tetapi perlu diingat pula bahwa beton ready mix menghasilkan produk beton berkualitas dan terkontrol.
  • Jarak batching plant
    Tidak semua lokasi konstruksi dekat jaraknya dengan batching plant. Maka sebelum memiih jenis beton curah ini, konsultasikan dengan pihak perusahaan. Apakah memungkinkan jika memakai jenis beton ini.

Sampaikan pula lokasi dan juga medan yang ditempuh. Medan berat, lalu lintas macet, dan juga sulit akan membuat beton ready mix butuh perlakuan khusus. Perlu pula mencari jalur alternatif agar beton tetap terjaga mutunya dan tidak rusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.